RENCANA
PELAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
Sekolah
:
SMK Negeri 1 Sinjai
Semester
: Ganjil/Genap
Tahun : 2013/2014
TUGAS PERKEMBANGAN :
Pemantapan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan
A.
Bahasan /
Topik
permasalahan : Memahami Komunikasi Intepersonal
yang baik melalui permainan
Sederhana
B.
Bidang Bimbingan : Sosial
C.
Jenis Layanan : Bimbingan Kelompok
D.
Fungsi Layanan : Pemahaman dan Pengembangan
E.
Tujuan Layanan/ Hasil
Yang ingin dicapai :
1.
Siswa
dapat mengembangkan dan memelihara hubungan baik secara
positif terhadap lingkungannya baik disekolah , keluarga ataupun
masyarakat
2.
Siswa dapat mengetahui pentingnya
komunikasi antarpribadi
F.
Sasaran Layanan : Siswa kelas
G.
Uraian Kegiatan
1.
Strategi penyajian : Kelompok
a.
Siswa dibagi menjadi 2 kelompok
dan kelompok tersebut beranggotakan 6-7 orang
b.
Tiap kelompok di berikan kertas
yang berisikan 1 kalimat
c.
Tiap anggota dalam kelompok
diharuskan untuk menghafal kata-kata/kalimat dalam kertas yang diberikan
kemudian satu persatu meyampaikannya ke teman yang lain secara bergantian
dengan cara membiskkan ke temannya satu persatu.
d.
Tiap anggota kelompok diberi waktu
1 menit untuk menyampaikan kalimat tersebut ke anggota lainnya
e.
Anggota terakhir dari masing
masing kelompok dipersilahkan untuk mengulang kembali kalimat yang didengarnya
dari temannya begitupun dengan anggota teman lainnya secara bergantian sesuai
dengan kalimat yang mereka dengar.
f.
Mencocokkan kalimat yang
diperintahkan dengan apa yang masing-masing anggota kelompok sampaikan.
g.
Memberi hukuman pada kelompok yang
dinyatakan kalah sesuai dengan kesepakatan teman-teman lainnya.
H.
Tempat penyelenggaraan : kelas
I.
Waktu penyelenggaraan :
J.
Alokasi waktu : 1 x 45 Menit
K.
Penyelenggara Layanan : Maya Masyita Suherman, S.Pd
L.
Pihak yang disertakan : -
Peranannya : -
M.
Alat dan perlengkapannya :
1.
Kertas
2.
Spidol / pulpen
N.
Rencana penilaian :
* Penilaian Proses ( keaktifan siswa)
* Penilaian Hasil ( pengentasan
masalah siswa)
O.
Rencana Tindak lanjut :
* Layanan jangka pendek
* Layanan jangka panjang
P.
Keterkaitan layanan ini dengan
layanan/kegiatan
pendukung : Layanan Informasi
Q.
Catatan khusus : -
Sinjai,
Koordinator BK
Guru BK
Dra. Masyita Yahya
Maya Masyita Suherman, S.Pd
Nip.
19591231 198603 2 078
Mengetahui
Kepala SMK Negeri 1
Sinjai
Drs. Muhiddin
NIP.
19611231 198203 1 182
Materi
Layanan
2.1.
Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah peristiwa sosial yang terjadi ketika manusia berinteraksi
dengan manusia yang lain.
Manusia
dalam kehidupannya sehari-hari akan senantiasa terlibat dalam komunikasi, baik
komunikasi verbal maupun komunikasi non-verbal
2.2.
Komunikasi yang Baik dan Efektif
Komunikasi dibentuk dari adanya stimulus dan respon. Manusia belajar menjadi
manusia melalui komunikasi. Manusia bukan saja dibentuk dari lingkungan tetapi
oleh cara-caranya menerjemahkan pesan-pesan lingkungan yang diterimanya.
Melalui komunikasi kita dapat menemukan diri kita, mengembangkan konsep diri
dan membentuk hubungan sosial dengan dunia sekitar kita.
Bagaimana
tanda-tanda komunikasi yang efekif? Komunikasi yang efektif menurut
Stewart Tubbs & Sylvia Moss dikriteriakan paling tidak menimbulkan lima hal
yaitu:
- Pengertian
- Kesenangan
- Pengaruh
pada sikap
- Hubungan
yang makin baik
- Tindakan
2.3.
Komunikasi Interpersonal
Komunikasi interpersonal terjadi jika didalam proses komunikasi tersebut
terlibat sekurang-kurangnya dua orang atau lebih, yang satu bertindak sebagai
penyampai informasi dan yang satu sebagai penerima informasi. Komunikasi
interpersonal yang baik akan berjalan lancar jika diantara kedua belah pihak
terdapat keterkaitan emosional sebagai contoh:
”Seorang
guru akan merasa tersinggung, jika ketika dia menerangkan materi pelajaran ada
siswa yang tidak memperhatikannya karena mengobrol”. Dalam hal tsb di atas
dapat kita simpulkan bahwa komunikasi dari contoh diatas tidak berlangsung
dengan baik, karena salah satu pihak tidak mempunyai keterkaitan emosional
dengan penyampai informasi.