RENCANA PELAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
Sekolah :
SMA Negeri 1 Sinjai
Semester :
Tahun :
TUGAS PERKEMBANGAN :
Pengembangan sikap dan
kebiasaan belajar yang baik
A.
Bahasan /
Topik
permasalahan : Cara Belajar Efektif Dan Efisien
B.
Bidang Bimbingan : Belajar
C.
Jenis Layanan : Layanan Pembelajaran
D.
Fungsi Layanan : Pemeliharaan dan Pengembangan
E.
Tujuan Layanan/ Hasil
Yang ingin dicapai :
1.
Siswa dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar
2. Siswa dapat mengetahui cara menyusun jadwal belajar efektif
3.
Siswa dapat mengetahui metode yang bai kagar
dapat belajar secara efektif
F.
Sasaran Layanan :
G.
Uraian Kegiatan
1.
Strategi penyajian : Klasikal
2.
Materi : Terlampir
H.
Tempat penyelenggaraan :
I.
Alokasi waktu : 1 x 45 Menit
J.
Penyelenggara Layanan : Maya Masyita Suherman
K.
Pihak yang disertakan : -
Peranannya : -
L.
Alat dan perlengkapannya :
A.
Papan Tulis
B.
Spidol
M.
Rencana penilaian :
* Penilaian Proses ( keaktifan siswa)
* Penilaian Hasil ( pengentasan
masalah siswa)
N.
Rencana Tindak lanjut :
* Layanan jangka pendek
* Layanan jangka panjang
O.
Keterkaitan layanan ini dengan
layanan/kegiatan
pendukung : Layanan Bimbingan Kelompok, himpunan data,
aplikasi instrumentasi
P.
Catatan khusus : -
Sinjai,
Mengetahui
Kepala SMK Negeri 1 Sinjai
Guru BK
Drs. M uhiddin
Maya Masyita Suherman, S.Pd
NIP. 19611231 198203 1 182
Materi
Layanan
CARA
BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN
Pengaturan Waktu adalah membuat dan
melakukan jadwal belajar agar dapat mengatur dan memprioritaskan belajar dalam
konteks membagi waktu dengan aktivitas, keluarga, dan lain-lain. Agar cara belajar dapat efektif dan efisien
maka perlu diperhatikan Pedoman dalam
mengatur waktu yaitu :
1.
Perhatikan waktumu.
2.
Refleksikan bagaimana kamu
menghabiskan waktumu.
3.
Sadarilah kapan kamu menghabiskan
waktumu dengan sia-sia.
4.
Ketahuilah kapan kamu produktif.
Dengan mengetahui bagaimana kita
menghabiskan waktu dapat membantu kita untuk Membuat daftar
"Kerjaan". Tulislah hal-hal yang harus kita kerjakan, kemudian
putuskan apa yang dikerjakan sekarang, apa yang dikerjakan nanti, apa yang
dikerjakan orang lain, dan apa yang bisa ditunda dulu pengerjaannya.
Membuat jadwal harian/mingguan.
Catat janji temu, kelas dan pertemuan pada buku/tabel kronologis. Selalu
mengetahui jadwal selama sehari, dan selalu pergi tidur dengan mengetahui kamu
sudah siap untuk menyambut besok.
Merencanakan jadwal yang lebih
panjang. Gunakan jadwal bulanan sehingga kamu selalu bisa merencanakan
kegiatanmu lebih dulu. Jadwal ini juga bisa mengingatkanmu untuk membuat waktu
luangmu dengan lebih nyaman.
Rencana Jadwal Belajar Efektif:
1.
Beri waktu yang cukup untuk tidur,
makan dan kegiatan hiburan.
2.
Prioritaskan tugas-tugas.
3.
Luangkan waktu untuk diskusi atau
mengulang bahan sebelum kelas.
4.
Atur waktu untuk mengulang
langsung bahan pelajaran setelah kelas. Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar
untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam tanpa review.
5.
Jadwalkan waktu 50 menit untuk
setiap sesi belajar.
6.
Pilih tempat yang nyaman (tidak
mengganggu konsentrasi) untuk belajar.
7.
Rencanakan juga
"deadline".
8.
Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak
mungkin pada pagi/siang/sore hari.
9.
Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan.
10.
Hati-hati, jangan sampai
diperbudak oleh jadwalmu sendiri!
Sekali
pun telah menggunakan waktu cukup banyak untuk memahami pelajaran , namun tidak
banyak materi yang dapat diserap. Itu menandakan bahwa cara belajar yang kita
gunakan masih belum efektif.
yang perlu kita perhatikan dan lakukan agar
dapat belajar secara efektif Ada
metode SQRW yang dipercaya merupakan cara efektif dalam belajar . Dengan metode SQRW kita dapat menggali ilmu
secara mendalam dari buku atau sumber belajar lain. SQRW adalah singkatan dari
Survey-Question-Read-Write atau Survey-Tanya-Baca-Tulis.
Empat strategi dalam metode
SQRW meliputi :
1.
Survey,
lakukan survey pada tiap bab dengan cepat. Fokuskan perhatian pada judul, gambar, grafik, peta, tabel,
pendahuluan, ringkasan dan kesimpulan. Langkah ini akan memberikan gambaran
menyeluruh mengenai isi pembahasan dalam bab tersebut.
2.
Question (tanya)
ajukan pertanyaan yang muncul dalam pikiran Anda.
Dengan cara ini Anda akan tetap fokus membaca dan mengingat materi dengan lebih
baik. Sebaiknya tidak mempertanyakan ringkasan, pendahuluan atau kesimpulan.
Ajukan pertanyaan mengenai sub bagian yang lain. Rumuskan pertanyaan dasar
seperti why, who, where, when, what and how. Pertanyaan lain yang lebih
memiliki “brain power” juga dapat dikembangkan seperti yang dapat diangkat dari
teori taksonomi Bloom (www.honolulu.hawaii.edu). List pertanyaan yang merujuk
pada taksonomi Bloom dapat dilihat pada artikel Memetakan Kecerdasan Siswa.
3.
Read (baca)
bacalah untuk menjawab pertanyaan yang muncul dalam pikiran serta untuk mengingat materi. Saat
Anda menjawab tiap pertanyaan, pastikan bahwa Anda tetap fokus pada pokok utama
materi.
4.
Write (tulis), tulis pertanyaan
yang muncul dalam pikiran dan uraikan
jawabannya tertulis secara ringkas dan
bacalah secara mendalam.
Metode SQRW
mengintegrasikan pola membaca secara sekilas, membaca analisis masalah dan
pemecahan masalah yang diintegrasikan dalam proses membaca dan menulis.
Mengembangkan
kompetensi membaca memerlukan multi strategi yang terpadu dalam satu waktu.
Pengulangan untuk melakukannya merupakan langkah praktis agar dapat lebih
memantapkan keterampilan. Kendala yang mungkin terjadi saat membangun kebiasaan
dan pengulangan yaitu hambatan akibat kebiasaan seseorang yang terlatih membaca
dalam hati sebagai strategi tunggal. Mengubah kebiasaan ini memerlukan
waktu dan proses dan ketekunan untuk melakukannya.
Metode SQRW
membuat belajar lebih efisien, efektif dan lebih produktif. Hal tersebut
diperoleh dengan memperdalam pemecahan masalah, mengembangkan keterampilan
merumuskan pertanyaan, merumuskan jawaban, dan meningkatkan daya ingat dengan
mengembangkan kompetensi menulis. Membaca, memahami, menganalisis, dan
menuliskan jawaban menjadi rangkaian belajar yang efektif dan efisien. Untuk itu
perlu memilih waktu yang tepat dan manajemen waktu yang baik.
strategi untuk
meraih prestasi terbaik sesuai dengan kemampuan Anda dalam proses belajar
adalah sebagai berikut :
1. Belajarlah
Untuk Menetapkan Tujuan Yang realistis.
Tetapkan tujuan
jangka pendek, menengah dan panjang yang realistik. Miliki strategi dan taktik
untuk meraih tujuan-tujuan tersebut secara cepat dan tepat.
2. Jadwalkan
Secara Cermat.
Menyusun jadwal
kegiatan merupakan satu kegiatan terpenting yang harus dilakukan setiap hari.
Dengan membuat jadwal kegiatan, dan menfokuskan waktu, pikiran dan energi untuk
melaksanakan proses pembelajaran terbaik, maka Anda akan memiliki lebih banyak
waktu untuk proses pembelajaran dan kegiatan pribadi.
3. Gunakan
Waktu Secara Efektif.
Lihat proses
belajar sebagai pekerjaan yang mengharuskan Anda menggunakan sejumlah waktu
guna meraih tujuan. Tetapkan prioritas. Rencanakan secara cermat. Gunakan waktu
secara lebih efisien.
4. Kembangkan
Kebiasaan Belajar yang Efektif.
Anda harus
belajar dengan lebih cerdas, bukan lebih keras. Luangkan waktu tertentu untuk
belajar dalam iklim yang kondusif. Pelajari ulang semua materi pelajaran yang
sudah Anda terima secara menyeluruh dan lebih mendalam. Bentuk kelompok belajar
untuk memperluas wawasan dan untuk mengatasi masalah yang sulit untuk Anda
selesaikan sendiri.
5. Manfaatkan
Sarana dan Prasarana Kampus.
Manfaatkan
berbagai fasilitas yang tersedia di sekolah secara maksimal. Perpustakaan,
asistensi, bimbingan karir, pusat bahasa dan berbagai fasilitas yang tersedia
yang mampu menunjang proses pembelajaran Anda. Gunakan sarana dan prasana yang
ada secara efektif dan efisien.
6. Ambil
Aktivitas Non-Akademik Yang Sesuai Dengan Bakat dan Minat Anda.
Meraih prestasi
akademik adalah fokus utama Anda. Tetapi perlu juga Anda mencari pengalaman
dalam bidang non-akademik yang sesuai dengan bakat dan minat Anda. Belajar
adalah awal dari kehidupan kerja Anda. Nikmati prosesnya! Anda bisa bergabung
dengan klub musik, klub informatika, klup sains dll. Anda sendirilah yang
menentukan masa depan Anda!