RENCANA PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Sekolah : SMK Negeri 1 Sinjai
Semester :Ganjil/Genap
Tahun : 2013/2014
TUGAS PERKEMBANGAN : Pemantapan hubungan yang
dinamis, harmonis, dan produktif dengan teman sebaya
A. Topik
Permasalahan/Bahasan : Posisi duduk dalam kelas yang sesuai dengan kondisi fisik
dan pribadi siswa
B. Bidang
Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Penempatan dan Penyaluran
D. Fungsi Layanan
: Pencegahan dan Pemeliharaan
E. Tujuan
Layanan/ Hasil Yang
Ingin dicapai : - agar siswa mampu menyesuaikan diri
dengan kondisi kelas
dan dapat merasa nyaman dalam kelas
- Siswa mampu memahami betapa pentingnya posisi duduk di
dalam kelas yang sesuai dengan kondisi fisik dan pribadi
siswa
F. Sasaran
Layanan :
G. Uraian
Kegiatan dan materi
Layanan
: a. kegiatan awal
Menjelaskan tentang tujuan dan fungsi
b. kegiatan inti
- mengidentifikasi siswa yang mengalami cacat fisik/
kekurangan dalam fisik
- mengidentifikasi siswa yang sering mengganggu temannya
- mengidentifikasi siswa yang
sering mengantuk
- mengidentifikasi siswa yang aktif dan pasif
-
siswa yang rabun jauh ditempatkan di depan
-
siswa yang posturnya kecil ditempatkan di depan
-
siswa yang pendengarannya terganggu sebelah kiri ditempatkan di sebelah kanan
-
siswa yang pendengarannya terganggu sebelah kanan ditempatkan di sebelah kiri
-
siswa yang posturnya besar ditempatkan di belakang
-
siswa yang lambat belajarnya ditempatkan di depan
-
siswa yang mengantuk ditempatkan di depan
-
siswa yang sering mengganggu temannya ditempatkan di depan dekat meja guru
c. kegiatan akhir
menanyakan pada siswa tentang perasaannya setelah diatur posisi
duduiknya
H. Metode : observasi, wawancara
I. Tempat
penyelenggaraan :
J. Waktu/tanggal : 45 menit /
K. Penyelenggara
layanan :Konselor
L. Pihak-pihak
Yang disertakan
Dalam layanan dan
peranannya
diperlukan dalam
kegiatan tersebut : -
M. Alat
perlengkapan yang digunakan : Daftar
biodata siswa
N. Rencana Penilaian dan
Dan Tindak lanjut
: a. Laiseg : menilai
kemajuan siswa saat
segera selesai kegiatan
b. Laijapen : menilai
kemajuan siswa selama
seminggu setelah kegiatan
c. laijapan : menilai
kemajuan siswa selama
1 semester setelah kegiatan
d. Tindak Lanjut: memantau
perkembangan siswa dan memberikan layanan yang relevan bagi siswa yang
memerlukan
O. Keterkaitan
layanan ini dengan
Layanan/ kegiatan pendukung : himpunan data
P. Catatan Khusus :
-
Sinjai,
Koordinator BK
Guru BK
Dra. MasyitaYahya
Maya MasyitaSuherman, S.Pd
Nip.
19591231 198603 2 078
Mengetahui
Kepala
SMK Negeri 1 Sinjai
Drs. Muhiddin
NIP. 19611231 198203 1 182